9 Laptop Terbaik Untuk Pelajar dan Mahasiswa Tahun 2022

9 Laptop Terbaik Untuk Pelajar dan Mahasiswa Tahun 2022

Ulasangue.com – Tingkat apapun pendidikan yang sedang kamu jalani, laptop pelajar dan mahasiswa ini menjadi yang paling penting. Apalagi saat ini hampir semua sekolah dan universitas memberlakukan pembelajaran dan ujian jarak jauh (sekolah online).

Laptop juga penting untuk pekerjaan mandiri seorang mahasiswa, baik itu menulis esai atau merevisi ujian. Namun, banyaknya pilihan yang ditawarkan membuat sulit untuk mengetahui perangkat mana yang harus dipilih.

Tidak ada solusi satu ukuran untuk semua yang akan bekerja untuk setiap pelajar. Apa yang dibutuhkan seseorang dari laptop sangat tergantung pada apa yang kamu pelajari dan bagaimana kamu berencana untuk menghabiskan waktu luang mereka.

Rekomendasi Laptop Pelajar Terbaik 2022

Dengan mengingat hal itu, disini saya bertujuan untuk memasukkan berbagai pilihan dalam artikel ini agar kamu dapat menemukan laptop yang sesuai.

Pasti ada sesuatu di sini untuk semua orang, tetapi jangan khawatir jika perangkat favorit kamu berada di urutan bawah, karena yang saya merekomendasikan adalah semua perangkat untuk pelajar dan mahasiswa.

1. MacBook Air

MacBook Air

MacBook Air versi terbaru menawarkan kinerja yang benar-benar luar biasa dalam bodi yang tipis dan ringan, dengan chip M1 juga meningkatkan daya tahan baterai secara signifikan dibandingkan dengan versi Intel.

Desain yang sebagian besar tidak berubah berarti banyak tentang MacBook Air baru yang akan akrab jika kamu mencoba model terbaru, meskipun Keyboard Ajaib yang baru-baru ini diperkenalkan adalah peningkatan besar dari tombol kupu-kupu sebelumnya.

Juga mudah untuk melupakan berapa banyak nilai yang ditambahkan Apple dengan memasukkan rangkaian aplikasi yang cukup lengkap, ini dapat menghindari kebutuhan untuk menghabiskan lebih banyak uang untuk perangkat lunak.

Satu-satunya alasan mengapa tidak lebih tinggi dalam daftar ini adalah harganya, dengan £999 berpotensi sulit untuk dibenarkan jika kamu seorang pelajar.

2. Huawei MateBook 14s

Huawei MateBook 14s

MateBook 14s adalah laptop terbaik yang dapat kamu beli saat ini, jadi kami harus menyediakan ruang untuknya dalam daftar ini.

Ini menjadi bukti lebih banyak lagi bahwa Huawei mengungguli laptopnya, menawarkan keseimbangan yang luar biasa antara harga dan kinerja. Yang terakhir ini dibantu oleh chip generasi ke-11 Intel, yang unggul di hampir semua tugas produktivitas sehari-hari.

Tentu saja, memiliki layar 14 inci yang luar biasa membantu, lengkap dengan kecepatan refresh 90Hz. Huawei telah mempertahankan bezel tipis tetapi berhasil memindahkan webcam kembali ke atas layar, meskipun masih hanya 720p.

Sorotan lainnya termasuk baterai sepanjang hari, keyboard yang sangat baik dan banyak port, sesuatu yang sering kurang pada laptop modern.

Poin penting bagi pelajar bisa jadi adalah harga, tetapi pasti patut dipertimbangkan jika anggaran kamu dapat mencapai sejauh ini.

3. LG Gram 16

LG Gram 16

Jika kamu mencari beberapa real estat layar ekstra tetapi tidak ingin berkompromi dengan desain yang tipis dan ringan, LG Gram terbaru adalah pilihan yang bagus.

Sorotan di sini adalah layar 16 inci 2560×1600 yang menakjubkan, dengan bezel kecil yang menghasilkan pengalaman menonton yang imersif.

Performa sehari-hari juga luar biasa, berkat prosesor Tiger Lake terbaru dari Intel dan RAM 8 atau 16GB. Ada juga pilihan port yang sehat, di samping baterai 80Wh dan sensor sidik jari yang terpasang di tombol daya.

Harga yang diminta tinggi adalah satu-satunya alasan mengapa tidak lebih tinggi dalam daftar ini. Jika kamu seorang pelajar dengan uang tunai, ini adalah perangkat yang menakjubkan.

4. Honor MagicBook 14

Honor MagicBook 14

Honor MagicBook 14 adalah laptop yang serba bisa. Kombinasi mengesankan antara internal yang kuat, desain premium, dan masa pakai baterai yang solid menjadikannya laptop pelajar yang tak terkalahkan, terutama jika kamu mempertimbangkan harga awal yang relatif terjangkau.

MagicBook 14 menggunakan chipset Ryzen 5 4500U, naik dari Ryzen 5 3500U pada pendahulunya. Dikombinasikan dengan RAM 8GB dan SSD 512GB yang besar, ini memberikan kinerja yang sangat baik secara menyeluruh.

Port, keyboard, dan pemindai sidik jari adalah semua kotak yang dicentang. Sungguh, selain penempatan webcam, audio adalah satu-satunya hal yang tidak begitu baik.

5. Huawei MateBook E

Huawei MateBook E

MateBook E dibuat untuk produktivitas dan portabilitas, menjadikannya pilihan yang bagus untuk siswa. Dengan berat hanya 790g, cukup ringan untuk dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke kuliah.

Tetapi memiliki keyboard Smart Magnetic yang termasuk dalam biaya adalah nilai tambah yang besar, dan mengubah perangkat menjadi pengganti laptop asli.

Layar OLED 12,6 inci adalah sorotan nyata, sementara speaker yang solid dan kamera yang hebat menjadikannya perangkat yang lengkap. Performa di penjelajahan web, pengolah kata, dan multitasking juga sangat baik.

Namun, masa pakai baterai sangat mengecewakan, jadi kamu tidak ingin jauh dari pengisi daya untuk waktu yang lama. Pemindai sidik jari juga buruk, sementara kamu memerlukan adaptor untuk menghubungkan lebih dari satu perangkat USB-C.

Tetapi jika kamu dapat melihat melampaui kelebihan yang ditawarkan, maka laptop MateBook E adalah pilihan menarik bagi pelajar atau mahasiswa.

6. iPad Pro

iPad Pro

Secara teknis ini adalah tablet, tetapi Apple telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan iPad Pro selama beberapa tahun terakhir sehingga sebenarnya ini adalah pilihan yang bagus sebagai hibrida.

IPad Pro telah lama mewakili tablet terbaik yang dapat dibeli dengan uang, dan chip M1 membawa kinerja yang sudah sangat baik ke tingkat berikutnya.

Layar 12,9 inci, 120Hz yang memukau menghadirkan pengalaman menonton yang menyenangkan, sementara baterainya yang besar dapat bertahan seharian penuh.

Memasangkannya dengan Magic Keyboard benar-benar mengubah iPad Pro menjadi perangkat bergaya laptop dengan trackpad dan semuanya. Ditambah, jika kamu mungkin juga mendapat manfaat dari fitur-fitur canggih yang tersedia dengan Apple Pencil.

Namun, keduanya adalah aksesoris mahal, yang berarti kamu dapat dengan mudah membayar lebih dari 14juta secara keseluruhan. Itu bisa menjadi masalah, terutama ketika iPadOS masih kekurangan aplikasi tingkat Mac.

Meskipun demikian, iPad Pro adalah perangkat all-in-one yang luar biasa jika kamu mampu membelinya.

7. Asus E410

Asus E410

Jika kamu mencari laptop dengan harga yang relatif lebih rendah yang masih bisa menyelesaikan pekerjaan, Asus E410 adalah pilihan yang bagus.

Intel Celeron N4020 tidak terdengar bagus di atas kertas, tetapi memberikan kinerja serba solid yang mampu menangani dasar-dasarnya.

Ada juga daya tahan baterai yang sangat baik, dengan klaim 12 jam Asus bertahan dengan baik dalam penggunaan di dunia nyata dan hari kerja penuh dapat dijangkau dengan baik. Dengan berat hanya 1,3kg, ini juga sangat portabel.

Kamu juga mendapatkan layar Full HD+ 14 inci yang solid, meskipun tidak terlalu terang. Numberpad yang terpasang di touchpad lebih mengganggu daripada berguna.

Sedangkan desain belakang yang tidak biasa tidak sesuai dengan selera semua orang. Namun, kompromi ini lebih dari dapat diterima jika kamu mempertimbangkan harganya yang terjangkau.

8. Microsoft Surface Go

Microsoft Surface Go

Laptop Surface Go ditawarkan langsung kepada pelajar dan mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan, dan ini merupakan pilihan yang solid untuk setiap tahap pendidikan.

Desain Microsoft Surface sangatlah klasik dan dipertahankan pada titik harga yang lebih terjangkau ini, dengan bezel tipis yang memberikan kesan perangkat yang jauh lebih canggih.

Itu meluas ke kinerja pada model Core i5 spesifikasi teratas, tetapi mungkin tidak terjadi pada varian yang lebih murah. Keyboard Surface Go adalah salah satu yang terbaik yang akan kamu temukan di mana saja, sementara desainnya yang tipis dan ringan membuatnya sangat portabel.

Tidak ada tombol dengan lampu latar dan masa pakai baterai yang mengecewakan, tetapi ini layak untuk dipertimbangkan. Kamu mungkin akan membayar lebih dari harga awal.

9. Honor MagicBook Pro

Honor MagicBook Pro

Jika kamu mencari layar yang lebih besar tetapi tidak ingin membayar untuk salah satu mesin premium LG, Honor MagicBook Pro menawarkan semua yang dicari kebanyakan orang.

Versi Intel ini dikirimkan dengan prosesor Core i5-10210U dan GPU Nvidia GeForce MX350 diskrit, sesuatu yang tidak akan kamu temukan di banyak laptop pada titik harga ini. Ada juga versi AMD, tetapi yang disertakan dengan grafis terintegrasi.

Layar 16 inci itu adalah panel LCD 1920×1080 yang menarik dengan rasio aspek 16:9 tradisional, bahkan jika tidak ada dukungan sentuh. Ada juga berbagai port yang layak, pemindai sidik jari yang terpasang di tombol daya dan versi lengkap Windows 10.

Masa pakai baterai sedikit tidak merata, meskipun adaptor 65W yang disertakan dalam kotak membantu memulihkan daya dengan relatif cepat.

Kamu juga harus bersaing dengan webcam yang dibangun ke dalam deretan tombol fungsi, meskipun ini adalah kompromi yang layak dilakukan bagi banyak orang.

Akhir Kata

Itulah daftar laptop pelajar dan mahasiswa terbaik yang sangat saya rekomendasikan. Namun, kamu juga harus memperhatikan spesifikasi sesuai kebutuhan, tidak hanya melihat dari tampilan.