9 Aplikasi Edit Foto Gratis Terbaik untuk Laptop & PC

Posted on

9 Aplikasi Edit Foto Gratis Terbaik untuk Laptop dan PC

Ulasangue.com – Aplikasi edit foto gratis terbaik untuk PC akan sangat membantu. Apakah kamu kebanyakan mengambil foto di ponsel kamu atau lebih suka menggunakan kamera kompak atau DSLR, kamu pasti ingin mengedit beberapa gambar terbaik kamu untuk menyempurnakannya, memotongnya, dan menjadikannya lebih baik lagi.

Ponsel tentu saja membuat prosesnya jauh lebih mudah dan aplikasi foto bawaannya memiliki fasilitas pengeditan yang cukup baik. Tetapi ketika kamu perlu melangkah lebih jauh dan melakukan lebih dari sekadar menerapkan filter, menyesuaikan kontras, dan memotong, kamu hampir pasti ingin beralih ke laptop atau PC kamu dan menggunakan aplikasi pengeditan foto khusus.

Yang jelas adalah Adobe Photoshop atau mungkin Lightroom, tetapi kecuali kamu siap untuk berlangganan versi lengkap atau membeli Photoshop Elements dengan biaya satu kali yang masih cukup besar, kamu akan mencari alternatif yang menawarkan serupa. berbagai alat tetapi tanpa biaya.

Aplikasi Edit Foto Gratis

Dan seperti kebanyakan perangkat lunak, kamu bisa mendapatkan editor foto yang sangat bagus secara gratis. Banyak dari aplikasi ini akan memperbaiki gambar kamu hanya dengan beberapa klik atau ketukan, tetapi jika kamu menginginkan kontrol gaya Photoshop sehingga kamu tidak menyesuaikan seluruh gambar, masih ada opsi termasuk pendukung seperti GIMP (terdengar cerdik, tapi tidak) dan Paint.NET (bukan yang dibangun ke dalam Windows).

1. GIMP

GIMP

GIMP (yang merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program, dan tidak ada yang cerdik) pada dasarnya telah ada selamanya, setidaknya dalam istilah internet. kamu dapat melacak asal-usulnya kembali ke tahun 1995 ketika dibuat sebagai sumber terbuka yang setara dengan Photoshop.

Saat ini kamu bisa mendapatkannya untuk Windows, macOS dan Linux, dan sepenuhnya gratis. Meskipun tidak memiliki beberapa polesan dibandingkan dengan beberapa yang lain di sini, kamu tidak dapat menyalahkan GIMP karena pemilihan fiturnya, yang selengkap yang kamu bisa dapatkan tanpa mengeluarkan uang.

Ini membantu bahwa tata letaknya cukup dekat dengan Photoshop, membuatnya langsung akrab bagi siapa saja yang mencoba-coba editor Adobe.

Itu tidak mereplikasi setiap fitur terakhir di Photoshop, dan beberapa alat tidak bekerja dengan stkamur tinggi yang sama, tetapi kamu tidak dapat mengeluh ketika itu gratis.

2. Paint.NET

Paint NET

Jika dilihat sekilas dari namanya, ini tampak seperti aplikasi MS Paint, akan tetapi Paint.NET memiliki fitur yang lebih unggul dalam hal mengedit dibandingkan aplikasi Microsoft. Paint.NET mendukung beberapa lapis layar, berbagai efek dan tools editing lainnya.

Kekuatan terbesar dari aplikasi edit foto gratis pc Paint.NET adalah kesederhanaan. Dan untuk kebutuhan editing cepat yang sederhana, maka aplikasi ringan ini sangat direkomendasikan.

Perlu dicatat bahwa Windows 10 dan 11 memiliki versi baru Paint yang memungkinkan kamu membuat dan bermain dengan objek 3D, tetapi ini bukan untuk mengedit foto. Sebagai gantinya, kamu dapat bermain dengan aplikasi Foto bawaan.

3. Pixlr

Pixlr

Pixlr memiliki satu manfaat besar dibandingkan sebagian besar aplikasi lain dalam daftar ini: ini berjalan sepenuhnya di browser kamu, artinya kamu dapat mengaksesnya di PC atau Mac apa pun, tanpa perlu menginstal apa pun.

Ada dua versi, Pixlr E , editor foto berfitur lengkap yang ditujukan untuk Pro dan Pixlr X yang merupakan opsi ‘cepat & mudah’ untuk semua orang.

Tentu saja kamu tidak bisa mendapatkan kekuatan penuh dari editor foto di browser, tetapi Pixlr mengemas banyak fitur, dan versi ‘E’ sangat komprehensif – terutama mengingat betapa lancarnya itu berjalan.

kamu dapat mengunduh aplikasi desktop untuk Windows dan Mac, serta aplikasi seluler untuk Android dan iOS, yang masing-masing dapat ditemukan di Google Play Store dan App Store .

Ada versi Premium yang menawarkan lebih banyak alat, termasuk AI Cutout, dan mendukung gambar yang lebih besar hingga 8196×8196 piksel.

4. PhotoScape

PhotoScape

PhotoScape adalah editor foto gratis yang solid yang juga menawarkan sedikit lebih selain itu – kamu juga dapat menggunakannya untuk membuat GIF animasi, mengonversi gambar RAW ke JPG, membuat tayangan slide, dan banyak lagi.

Ketika datang ke alat pengeditan yang sebenarnya, PhotoScape tidak dapat mengalahkan entri berfitur paling lengkap dalam daftar ini, tetapi ia memiliki semua fungsi inti yang mungkin kamu perlukan.

Menu alat melingkar default agak memecah belah, tetapi kamu dapat memilih kisi yang lebih tradisional jika kamu mau, dan kamu memiliki akses ke susunan alat pengeditan dan sentuhan ulang yang biasa, termasuk berbagai efek dan filter.

5. Fotor

Fotor

Fotor tidak mencoba menjadi editor foto yang lengkap, jadi jika kamu mencari rangkaian fungsionalitas yang lengkap maka kamu mungkin lebih baik di tempat lain.

Apa yang ditawarkannya adalah banyak pilihan alat peningkatan foto langsung melalui browser kamu seperti Pixlr yang memungkinkan kamu menerapkan filter dengan cepat dan melakukan beberapa sentuhan ulang dasar. Ini juga memiliki opsi HDR yang memungkinkan kamu menggabungkan beberapa foto dengan eksposur berbeda untuk membuat satu gambar yang menangkap jumlah warna dan detail yang ideal.

kamu dapat menginstal Fotor untuk Windows (atau macOS ) secara terpisah, sekali lagi gratis, jika kamu mau. Aplikasi desktop juga menawarkan alat pemrosesan batch, sehingga kamu dapat menerapkan perubahan yang sama ke sejumlah besar gambar sekaligus, fitur yang sayangnya tidak ada di banyak aplikasi yang setara.

6. Krita

Krita

Krita terkenal karena penciptanya seperti halnya fungsinya. Dikembangkan oleh seniman untuk seniman, aplikasi lintas platform gratis ini dirancang untuk memberi seniman semua alat yang mereka butuhkan, dengan fokus pada seniman konsep, ilustrator, seniman matte dan tekstur, dan industri VFX.

Ini tidak sepenuhnya editor foto (meskipun kamu pasti dapat menggunakannya untuk retouching dasar), dan fokusnya lebih pada lukisan digital dan menciptakan karya seni dari awal.

Ini memiliki berbagai mesin kuas (bersama dengan fitur penstabil kuas yang praktis), dan kamu juga dapat mengimpor paket kuas dan tekstur. Dukungan yang baru-baru ini ditambahkan untuk monitor HDR di Windows adalah tambahan yang disambut baik, dan bahkan mendukung PSD, sehingga sepenuhnya kompatibel dengan apa pun yang telah kamu kerjakan di Photoshop.

7. Elemen Adobe Photoshop

Elemen Adobe Photoshop

Sehebat banyak editor foto gratis ini, terkadang kamu hanya membutuhkan sesuatu dengan sedikit lebih banyak keuletan.

Photoshop Elements adalah versi Photoshop lengkap yang lebih ramah-pemula, menawarkan sebagian besar fitur yang sama dengan harga kurang dari satu tahun berlangganan Photoshop. Dan, untuk lebih jelasnya, kamu tidak berlangganan Elemen: kamu langsung membelinya. Ini tersedia untuk macOS dan Windows.

Selain semua opsi pengeditan foto yang kamu harapkan, Elements menyediakan beberapa alat canggih termasuk penghapusan objek yang sadar konten. Itu berarti kamu dapat menghapus orang yang tidak diinginkan atau hal lain dari foto dengan sangat mudah.

Lebih baik lagi, banyak alat inti yang ‘pintar’ yang berarti, misalnya, alat potong akan menawarkan pilihan tanaman berdasarkan analisis gambar kamu. Dan tidak seperti yang lain di sini, kamu dapat mengubah ukuran (atau memang memotong) gambar ke ukuran piksel tertentu, yang membuatnya jauh lebih cocok untuk pengguna bertenaga yang tidak ingin membayar untuk Photoshop CC.

8. CyberLink PhotoDirector

CyberLink PhotoDirector

PhotoDirector dulunya adalah tiruan Adobe Lightroom, tetapi sekarang ini ia juga memiliki alat dari Photoshop serta fitur ‘Edit Terpandu’ dari Elements.

Ini menawarkan alat bertenaga AI untuk mengganti langit, dan kamu juga dapat menghapus orang dari foto. Itu akan membuat GIF animasi juga.

Ada banyak alat retouching yang mudah digunakan juga, ditambah tambahan praktis termasuk penghapusan objek yang sadar konten yang memungkinkan kamu menghapus tiang kayu yang tidak diinginkan atau apa pun yang merusak bidikan sempurna kamu.

Ada juga dukungan untuk lapisan masker, pengelompokan lapisan dan lapisan penyesuaian, pengeditan non-destruktif dan alat klon dan pemindahan yang sadar konten. kamu dapat melihat semua fitur baru di sini .

Mengikuti Adobe, CyberLink sekarang mendorong kamu untuk berlangganan bulanan ke versi yang disebut PhotoDirector 365. Ini mencakup berbagai manfaat dibandingkan versi non-langganan termasuk lebih banyak penyimpanan cloud dan alat tambahan.

Ini juga dapat bekerja lebih murah jika kamu hanya membutuhkannya selama satu tahun atau kurang (ada opsi untuk membayar bulanan atau tahunan, tetapi harga bulanan bukanlah nilai yang besar kecuali kamu memerlukan akses untuk beberapa minggu saja.)

Jika kamu bersedia mengeluarkan uang untuk editor foto, PhotoDirector 13 Ultra dan PhotoDirector 365 adalah nilai yang baik, terutama karena hampir selalu didiskon dari harga penuhnya.

9. Affinity Photo

Affinity Photo

Dibuat untuk menawarkan fitur profesional dengan harga terjangkau, Affinity Photo adalah langkah maju dari perangkat lunak pengeditan gratis yang tercantum di sini.

Tata letak sebagian besar akan akrab bagi siapa saja yang menggunakan Photoshop di masa lalu, meskipun Affinity memiliki beberapa keanehan dan kebiasaannya sendiri, yang paling jelas adalah ‘Persona’, pilihan mode operasi yang kamu ubah tergantung pada apa yang ingin kamu lakukan, memberi kamu akses ke berbagai alat dan opsi.

Ada banyak fungsi di sini, dan ini bukan aplikasi yang paling ramah pemula, tetapi ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan alat pengeditan foto tingkat lanjut tanpa menghabiskan terlalu banyak.

Akhir Kata

Demikian daftar rekomendasi aplikasi edit foto gratis terbaik untuk laptop dan PC ditahun 2022. Dengan begitu, sekarang kamu bisa memilih aplikasi yang tepat untuk mengedit foto tanpa harus membuang-buang uang.